Manajemen Bahan Kimia Berbahaya Untuk Pencegahan Kecelakaan Katastropik

Latar Belakang:

Semua industri manufacturing bisa dipastikan menggunakan berbagai macam bahan kimia baik sebagai bahan baku,bahan intermediate atau produk akhir. Penggunaan dan penyimpanan bahan kimia pada proses industri memberikan potensi bahaya dan risiko yang sangat besar. Sudah banyak kejadian kecelakaan yang sangat fatal diakibatkan oleh kesalahan pengelolaan bahan kimia didalam proses industri. Kecelakaan tersebut dapat dihindari atau dicegah dengan sistem manajemen bahya bahan kimia yang baik.  Pemahaman terhadap sifat bahaya bahan kimia adalah kunci pokok dalam merancang sistem menajemen bahaya bahan kimia didalam industri.

Sasaran dan Manfaat Training:

  • Peserta diharapkan akan memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk memahami bahaya bahan kimia,melakukan kajian bahaya dan risiko bahan kimia,mampu menggunakan tools untuk melakukan analisis dan kajian bahaya kimia,mampu mengembangkan program pengelolaan bahan kimia untuk menghindari terjadinya kecelakaan bahan kimia,dan mampu mengkomunikasikan bahaya bahan kimia,
  • Meningkatkan kesadaran para peserta akan tingginya bahaya kimia ditempat kerja serta mampu menghindari dan mencegah kecelakaan bahan kimia.

Siapa Yang Harus Hadir:

  • Staf/Manager Produksi,Laboratorium,Gudang dan Maintenance.
  • Staf/ Manager K3

Fasilitator:

DR. rer. nat. Budiawan

Budiawan adalah dosen pengajar pada Jurusan Kimia,FMIPA UI. Bidang kepakaran Budiawan adalah Toksikologi Kimia,Manajemen bahan kimia,Tanggap darurat pencemaran bahan kimia beracun,Peniliaian risiko dan keselamatan lingkungan,Aplikasi Global Harmonize System (GHS),dan kegiatan terakhir yakni telah mengikuti Training “Risk Assessment dan Risk Management on Chemicals” di Jepang,2011. Semua bidang keahlian tersebut memiliki sertifikasi International. Budiawan terlibat aktif dalam berbagai organisasi dan forum seperti Forum komunikasi nasional tentang bahan kimia beracun dan berbahaya,Himpunan Toksikologi Indonesia,dan Komite Nasional Responsible Care Indonesia. Budiawan memiliki beberapa publikasi ilmiah dan patent dalam bidang kesehatan dan keselamatan lingkungan.

DR. Alfajri Ismail,MSi

Alfajri Ismail adalah praktisi yang memiliki pengalaman kerja dibeberapa perusahaan multinasional,dan juga akademisi sebagai dosen tamu di Departemen K3 FKM UI. Alfajri Ismail memiliki latar belakang pendidikan S1 dari Jurusan Kimia dan S2 Jurusan Fisika FMIPA UI. Alfajri Ismail memperoleh gelar Doktor di bidang K3 Kimia dari Departemen K3,Fakultas Kesehatan Masyarakat,Universitas Indonesia dengan predikat “Cum Laude”. Kepakaran Alfajri Ismail adalah dalam bidang keselamatan kerja dengan bahan kimia,bahaya reaktifitas kimia,industrial hygiene,fire dan explosion,transportasi bahan kimia,process safety management,safety culture dan behavior serta didukung dengan pengalaman bekerja dibeberapa industri kimia seperti Chandra Asri,BASF,VAW Packaging,3M Indonesia dan 3M Asia Pacific selama 16 tahun. Pengalaman sebagai trainer dan field survey Occupational Health and Safety 3M Indonesia,  Chemical Safety Management,dan EHS sustainability untuk 3M Asia Pacific.

Outline:

  1. Undang-Undang yang Mengatur Bahan Kimia Berbahaya (lokal dan international)
  2. Sifat-Sifat Fisik dan Kimia Bahan Kimia
  3. Bahan Kimia Beracun
  4. Material Safety Data Sheet (MSDS) dan Label Bahan Kimia
  5. Teknik dan tools analsis bahaya dan risiko bahan kimia
  6. Inherent Safer Chemicals Proses
  7. Manajemen Pengiriman dan Penyimpanan Bahan Kimia
  8. Manajemen Bahaya Reaktifitas Bahan Kimia
  9. Latihan dan kerja kelompok

Fasilitas:

  • Hard / Soft Copy Materi Training
  • Sertifikat Training
  • 2x coffee break
  • Makan Siang